Text
Kaizen Strategies for Customer Care = Kepedulian pada Pelanggan
Bibliografi: hlm.
Buku Kaizen Strategies for Customer Care (Kepedulian pada Pelanggan) yang ditulis oleh Patricia Wellington (diterjemahkan oleh Alexander Sindoro) membahas tentang cara menciptakan dan menerapkan program kepedulian pada pelanggan yang ampuh menggunakan filosofi Kaizen.
Sinopsis buku tersebut mencakup poin-poin utama sebagai berikut:
Fokus pada Perbaikan Berkelanjutan: Buku ini menekankan penerapan prinsip Kaizen, yang berarti "perubahan menjadi lebih baik" atau perbaikan terus-menerus, dalam konteks layanan pelanggan.
Penciptaan Nilai Pelanggan: Tujuan utama Kaizen dalam layanan pelanggan adalah memahami kebutuhan dan harapan pelanggan untuk memberikan produk dan layanan yang memberikan nilai maksimal dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
Keterlibatan Seluruh Karyawan: Keberhasilan strategi ini memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen dalam organisasi, dari manajemen hingga karyawan lini depan, untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan.
Pendekatan Bertahap dan Sistematis: Alih-alih perubahan besar yang radikal, buku ini mengajarkan pendekatan tindakan kecil dan bertahap untuk memperbaiki proses layanan pelanggan, yang kemudian menjadi kebiasaan dan standar baru.
Identifikasi dan Eliminasi Pemborosan (Muda): Buku ini juga membahas cara mengidentifikasi dan menghilangkan aktivitas yang tidak menambah nilai bagi pelanggan dalam proses layanan, seperti waktu tunggu yang lama atau proses yang berbelit-belit.
Penggunaan Alat Bantu dan Standardisasi: Menerapkan alat bantu yang tepat dan menetapkan proses layanan yang konsisten dan terstandardisasi merupakan kunci sukses dalam penerapan Kaizen untuk kepedulian pelanggan.
Secara ringkas, buku ini adalah panduan praktis untuk manajer dan profesional layanan pelanggan tentang cara menggunakan filosofi perbaikan berkelanjutan Jepang untuk secara konsisten meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.
Label: Ulasan AI-assisted diverifiksi oleh Eka Alaina, S.I.Pust. 02 Desember 2025.
Tidak tersedia versi lain