Bibliografi: hlm. 286 Buku "Teknik dan Prosedur Divisi Kamar pada Bidang Hotel" oleh Agus Sulistiyono, yang diterbitkan oleh ALFABETA pada tahun 2007, membahas secara komprehensif teknik dan prosedur yang berkaitan dengan operasional divisi kamar di hotel. Cakupan Materi Buku: -Pelayanan Tamu: Meliputi pelayanan pesanan kamar, pelayanan penerima tamu (check-in/check-out), penanganan bar…
Bibliografi: hlm. 103 Buku "Hotel Engineering" karya Sujit Ghosal (atau Drs. H. Oka A. Yoeti, MBA, seperti yang tertera di sampul buku pada gambar) membahas sistem rekayasa di hotel. Buku ini mencakup konsep dasar kerja, daya, energi, dan sistem kelistrikan dasar di hotel, termasuk pengkabelan dan tindakan pencegahan keselamatan dalam menangani peralatan listrik. Selain itu, buku ini mengu…
Bibliografi: hlm. 113 Glosarium: hlm. 115-124 Indeks: hlm. 125-127 Buku "Kantor Depan Hotel" membahas berbagai aspek yang berkaitan dengan operasional kantor depan hotel. Materi yang disajikan meliputi ruang lingkup kantor depan hotel, struktur organisasi, prosedur reservasi kamar, proses Check-In dan Check-Out, serta penanganan keluhan tamu. Buku ini bertujuan untuk membekali pembaca agar…
Bibliografi: hlm. Buku "Hotel Customer Service" karya Drs. FL. Oka A. Yocti, MBA, menguraikan tentang cara instan bagi karyawan hotel untuk bersikap dan bertindak dalam memberikan pelayanan prima kepada tamu hotel. Buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami seluk-beluk usaha perhotelan serta meningkatkan keterampilan dan profesionalisme dalam pekerjaan di industri perhotelan, sehingg…
Bibliografi: hlm. Buku "Hotel Communication Management" membahas pengelolaan komunikasi di lingkungan hotel. Buku ini menekankan pentingnya komunikasi yang efektif bagi setiap personel hotel, mulai dari masa pendidikan hingga praktik profesional. Keberhasilan atau kegagalan pengelolaan hotel sangat dipengaruhi oleh efektivitas pengelolaan komunikasi dan informasi, terutama dalam penyampaian …
Bibliografi: hlm. Buku "Pengantar Hotel Engineering" karya Soekarlan adalah sebuah buku pengantar mengenai rekayasa atau teknik yang berkaitan dengan operasional dan pemeliharaan fasilitas di industri perhotelan. Buku ini kemungkinan membahas berbagai aspek teknis yang relevan dengan hotel, seperti sistem bangunan, infrastruktur, peralatan, dan manajemen energi, yang ditujukan untuk mahasisw…
Bibliografi: hlm. 353-356 Buku dalam gambar berjudul "International Hospitality Management: Corporate Strategy in Practice" yang diedit oleh Richard Teare dan Michael Olsen. Sinopsis umum dari buku ini kemungkinan besar akan mencakup aspek-aspek berikut: -Fokus Industri: Buku ini berfokus pada manajemen perhotelan internasional, membahas tantangan dan peluang dalam industri perhotelan di…
Bibliografi: hlm. 373-378 Index: hlm. 379-383 Buku "Supervision in the Hospitality Industry, Second Edition" yang ditulis oleh Jack E. Miller, Mary Porter, dan Karen Eich Drummond, berfokus pada pentingnya dukungan supervisor untuk meningkatkan kinerja dan mempertahankan karyawan di industri perhotelan. Buku ini berfungsi sebagai pengantar masalah-masalah utama yang sering dihadapi dalam bi…
Bibliografi: hlm. 349 Sinopsis buku "Hotel Supervision: Teknik Supervisi dan Uji Kompetensi untuk Pendidikan Pariwisata" membahas secara lengkap peranan supervisor hotel dan tantangannya sebagai manajer tingkat menengah yang berinteraksi langsung dengan para pekerja pelaksana. Buku ini menjelaskan: Peran Supervisor: Menguraikan posisi unik supervisor sebagai penghubung antara manajemen da…
Bibliografi: hlm. Index: hlm. 375-382 Buku "Cost Control in the Hospitality Industry" membahas pengendalian biaya dalam industri perhotelan. Buku ini ideal untuk para profesional di bidang perhotelan yang mencari solusi pengendalian biaya di luar pembahasan tradisional, dengan menawarkan pandangan realistis tentang faktor-faktor penahan biaya yang mungkin terabaikan oleh penulis lain.
Bibliografi: hlm. 134 hlm Buku "Front Office Operational: Secret Receptionist Skills for 5 Stars Hotels" membahas tentang keterampilan rahasia yang dibutuhkan seorang resepsionis di hotel bintang 5. Buku ini menekankan bahwa resepsionis adalah "pusat saraf" dari keseluruhan operasional hotel, dan merupakan salah satu penentu kesan pertama dalam bisnis perhotelan. Sinopsis buku ini mencak…
Bibliografi: hlm. 155-157 Glosarium: hlm. 129-154 Buku "Pengelolaan Hotel Training: Berdasarkan Prinsip Manajemen Hotel Berbintang" yang ditulis oleh Dra. Ni Wayan Suwithi, M.M., membahas tentang manajemen dan pengelolaan hotel berbintang. Buku ini kemungkinan menguraikan prinsip-prinsip manajemen yang relevan dengan industri perhotelan, mencakup aspek-aspek seperti operasional, pemasaran, …
Bibliografi: hlm. 193 Buku "Hotel Front Office" karya Bagyono adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek penting dalam operasional kantor depan (front office) di industri perhotelan. Sinopsis: Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab front office sebagai bagian krusial dalam menciptakan pengalaman tamu yang menyenangkan dan efisien. Materi ya…
Bibliografi: hlm. 425-429 Glossary: hlm. 403-424 Buku "Front Office Management" oleh Dr. Adi Soenarno membahas secara komprehensif bisnis perhotelan, khususnya fokus pada manajemen front office. Sinopsis: Buku ini menjelaskan tentang kemajuan pesat bisnis perhotelan di Indonesia seiring dengan meningkatnya jumlah hotel dan kamar. Disajikan sebagai bahan bacaan utama bagi mahasiswa, s…