Text
Psikologi Bisnis = Paradigma Baru Mengelola Bisnis
Bibliografi: hlm. 484
Sinopsis buku "Psikologi Bisnis = Paradigma Baru Mengelola Bisnis" adalah menawarkan kerangka kerja konseptual baru untuk mengelola bisnis dengan mengintegrasikan psikologi dan praktik bisnis secara interdisipliner, mencakup Psikologi Industri & Organisasi, Manajemen Bisnis, Manajemen SDM Strategis, dan Ekonomi Perilaku, untuk mengatasi tantangan SDM modern, meningkatkan produktivitas, serta membantu pelaku bisnis dan profesional psikologi memahami dan mempraktikkan bisnis dalam perspektif perilaku manusia yang lebih mendalam di era digital.
Poin-Poin Utama dalam Buku:
Pendekatan Interdisiplin: Menggabungkan ilmu psikologi dengan manajemen bisnis untuk pemahaman yang lebih holistik.
Fokus pada SDM: Mengatasi masalah pengelolaan SDM dengan kompetensi business acumen yang lebih baik dan pengambilan risiko yang lebih rendah.
Empat Pilar: Dibangun dari Psikologi Industri dan Organisasi, Manajemen Bisnis, HR Strategic Management, dan Ekonomi Perilaku.
** Perspektif Baru:** Meninjau bisnis dari level individu, tim, organisasi, hingga sosial, serta bagaimana psikologi bisa menjadi bisnis yang bermanfaat.
Relevansi Era Digital: Menyesuaikan pengelolaan bisnis dengan kebutuhan masyarakat modern dan ekonomi digital.
Intinya: Buku ini adalah panduan untuk mengelola bisnis secara efektif dengan memahami perilaku manusia, mengubah SDM dari sekadar aset menjadi partner strategis, dan menerapkan prinsip psikologi dalam setiap aspek bisnis agar lebih produktif dan relevan.
Label: Ulasan AI-assisted diverifikasi oleh Eka Alaina, S.I.Pust. 10 Desember 2025.
Tidak tersedia versi lain