Text
Analisis Pasar Wisatawan di D.I. Yogyakarta
Bibliografi: hlm.
Sinopsis buku "Analisis Pasar Wisatawan di D.I. Yogyakarta" secara umum membahas tentang karakteristik, perilaku, dan tren wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Analisis ini dilakukan untuk memahami segmen pasar pariwisata di DIY dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif.
Buku atau laporan sejenis ini biasanya mencakup aspek-aspek berikut:
Profil Wisatawan: Menguraikan karakteristik demografis (jenis kelamin, usia, pekerjaan) dan psikografis (gaya hidup, minat) dari wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang ke Yogyakarta.
Pola Perjalanan: Menganalisis pola pergerakan wisatawan, termasuk durasi kunjungan rata-rata, lokasi yang dikunjungi, dan jenis akomodasi yang dipilih (hotel bintang, non-bintang, homestay, dll.).
Segmentasi Pasar: Membahas pembagian pasar pariwisata berdasarkan kriteria tertentu (misalnya, berdasarkan minat khusus seperti wisata alam, budaya, MICE) untuk mengidentifikasi ceruk pasar potensial.
Pengeluaran Wisatawan: Menganalisis pola belanja dan jumlah pengeluaran wisatawan untuk menilai kontribusi ekonomi sektor pariwisata dan efektivitas kinerja pariwisata daerah.
Tujuan dan Manfaat: Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman komprehensif bagi akademisi, praktisi industri pariwisata, dan pemerintah daerah dalam mengambil keputusan strategis terkait pengembangan pariwisata berkelanjutan di DIY.
Secara ringkas, buku ini berfungsi sebagai panduan berbasis data untuk merencanakan dan mengimplementasikan kebijakan serta strategi pemasaran pariwisata yang lebih terarah dan efisien di Yogyakarta.
Label: Ulasan AI-assisted diverifikasi oleh Eka Alaina, S.I.Pust. 18 November 2025.
Tidak tersedia versi lain