Text
Perencanaa Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata
Bibliografi: hlm. 211
Sinopsis buku "Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata" adalah panduan komprehensif yang membahas bagaimana menyusun strategi pemasaran pariwisata yang efektif. Buku ini menjelaskan proses analisis kondisi destinasi, identifikasi peluang dan ancaman, perumusan visi, serta penetapan tujuan dan sasaran pasar yang jelas. Selain itu, buku ini juga mengupas teknik-teknik untuk merancang program pemasaran yang kompetitif dan berkelanjutan untuk menarik wisatawan dan mencapai tujuan komersial maupun sosial.
Poin-poin utama sinopsis:
Analisis Kondisi: Membahas analisis pasar, lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan), dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) untuk merumuskan strategi.
Perumusan Strategi: Menguraikan cara menetapkan visi, tujuan, dan sasaran pasar yang jelas untuk pemasaran daerah tujuan wisata.
Penyusunan Strategi Pemasaran: Menjelaskan teknik dan perangkat yang dibutuhkan untuk memasarkan destinasi secara sukses dan kompetitif, termasuk penetapan anggaran dan identifikasi saluran pemasaran yang tepat.
Penerapan Strategis: Mencakup aspek-aspek penting lainnya seperti pengembangan produk wisata, infrastruktur, sumber daya manusia, serta pemanfaatan teknologi.
Tujuan Akhir: Memastikan destinasi dapat menjangkau target pasarnya, memenuhi kebutuhan wisatawan, membangun citra positif, dan mencapai tujuan komersial serta sosial.
Label: Ulasan AI-assisted diverifikasi oleh Eka Alaina, S.I.Pust. 07 November 2025.
Tidak tersedia versi lain