Text
New Museums And The Making Of Culture
Bibliografi : hlm.
Indeks : hlm. 231 - 241
Buku New Museums And The Making Of Culture (Museum Baru dan Penciptaan Budaya) membahas bagaimana museum-museum baru mengubah peran museum tradisional dari sekadar gudang artefak menjadi panggung aktif dalam membentuk identitas, mempromosikan narasi budaya, dan memengaruhi masyarakat, mengeksplorasi bagaimana desain, lokasi, dan program museum modern secara strategis menciptakan makna dan memicu dialog publik, serta meneliti dampak sosial-politik museum baru dalam konteks globalisasi dan identitas budaya.
Poin-Poin Utama Buku (Berdasarkan Konsep Umum):
Pergeseran Peran: Museum tidak lagi hanya menyimpan, tapi juga aktif "menciptakan" budaya melalui interpretasi dan pameran yang selektif.
Desain dan Arsitektur: Peran bangunan museum modern sebagai ikon kota dan alat branding budaya.
Identitas dan Memori: Bagaimana museum baru membangun memori kolektif dan memproyeksikan identitas nasional atau lokal.
Pemasaran dan Komersialisasi: Hubungan antara museum dengan pariwisata, ekonomi, dan kekuatan pasar.
Inklusivitas vs. Elitisme: Diskusi tentang siapa yang diwakili dan siapa yang dikecualikan oleh museum baru.
Secara Singkat, Buku Ini Mengkaji:
Fungsi museum modern yang lebih dari sekadar institusi penyimpanan, tetapi sebagai aktor budaya yang dinamis dalam mendefinisikan dan merepresentasikan budaya di era kontemporer, sering kali melalui penggunaan arsitektur yang mencolok dan strategi naratif yang kuat untuk menarik pengunjung dan membangun citra.
Label : Ulasan Al - Assisted diverifikasi oleh Eka Alaina, S.I.Pust. 13 Desember 2025
Tidak tersedia versi lain